Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat Keju Tanpa Ribet !

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat Keju
Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat Keju

Mendengar kata pisang tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar. Siapa sih yang tidak tahu buah pisang? Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae.

Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

KANDUNGAN GIZI PISANG


  • ENERGI
Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Selain itu juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.


Karbohidrat pada pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.
Kandungan energi pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Gula pisang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.


  • MINERAL

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat - Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Itulah sedikit ulasan mengenai buah pisang. Nah, Sekarang saatnya kita membahas tentang olahan makanan dari pisang yang menjadi fokus utama kita. yaitu Cara Membuat Keripik Pesang Cokelat Keju.
Keripik pisang cokelat keju adalah camilan yang dibuat dari bahan dasar pisang yang di iris tipis - tipis, kemudian digoreng hingga garing lalu dibumbui dengan coklat bubuk sebagai penyedap rasanya kemudian ditaburi keju. Keripik pisang juga dikenal sebagai cemilan populer di kalangan masyarakat indonesia. Cara membuatnya juga sangat praktis dan simpel, agar tidak penasaran silahkan anda simak resepnya berikut ini

CARA MEMBUAT KERIPIK PISANG COKELAT KEJU

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat Keju

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 1 kg pisang mengkal
  2. 30 gr coklat bubuk
  3. 50 gr gula halus
  4. 30 gr tepung maizena, sangrai
  5. Garam secukupnya
  6. kapur sirih secukupnya
  7. Keju Secukupnya
  8. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat :

  1. Kupas pisang, kemudian rendam dalam air yang telah diberi garam selama 1 jam
  2. Kemudian, iris pisang tipis-tipis dan rendam kembali kedalam air garam sebentar
  3. Pindahkan irisan pisang ke dalam air yang telah dberi kapur sirih dan diamkan selama 30 menit.
  4. Setelah 30 menit, pindahkan irisan pisang ke dalam air garam. Biarkan sambil menunggu minyak panas
  5. Panaskan minyak dan goreng keripik pisang dengan menggunakan api sedang sampai matang kecoklatan
  6. Angkat dari dalam minyak dan tiriskan, biarkan hingga dingin.
  7. Campur tepung maizena yang telah disangrai dengan coklat bubuk dan gula halus, aduk sampai rata
  8. Masukkan lapisan coklat kedalam tempat tertutup, kemudian masukkan keripik pisang yang telah dingin, kocok-kocok sampai tercampur rata dan lapisan coklat menutupi semua permukaan keripik pisang
  9. Taburi Pisang yang telah tercampur cokelat dengan keju.
  10. Simpan keripik pisang coklat keju ke dalam wadah yang tertutup rapat supaya tidak mudah melempem
Baca Juga : Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

Keterangan:

Irisan pisang direndam bergantian di dalam air garam dan air kapur sirih supaya pisang tidak berubah warna mejadi kehitaman dan rasa keripik yang dihasilkan nanti lebih renyah

Demikian informasi tentang Cara Membuat Keripik Cokelat Keju yang bisa kami berikan untuk anda, semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang ingin belajar membuat keripik cokelat enak, renyah dan gurih tentunya.
Selamat mencoba.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Membuat Keripik Bawang Gurih dan Renyah

Begini Nih Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar yang Renyah dan Gurih